Blogger Backgrounds
Powered By Blogger

Selasa, 20 Desember 2011

Cara untuk memperbaiki MBR pada Windows XP dan Vista

Jika, untuk alasan apapun, MBR menjadi rusak atau korup, maka sistem operasi akan dapat memuat. Anda biasanya akan melihat pesan kesalahan seperti:
Error loading sistem operasi

Hilang sistem operasi
Tabel partisi tidak valid
Pesan ini pasti tidak menyenangkan, terutama jika Anda tidak akrab dengan komputer. Kebanyakan orang secara otomatis akan menganggap komputer mereka mati! Namun, itu tidak benar. Berada di TI sendiri, kesalahan ini sebenarnya disukai untuk jenis lain kesalahan Windows. Mengapa?
Yah, itu sebenarnya cukup mudah untuk memperbaiki Master Boot Record di XP dan Vista. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi Konsol Pemulihan dan menjalankan perintah sederhana. Semua data, aplikasi, pengaturan, dll masih utuh pada drive dan sekali MBR adalah tetap, komputer akan beban normal.
Jadi bagaimana Anda bisa memperbaiki MBR yang rusak? Berikut adalah langkah-langkah untuk mengikuti:
1. Pertama, restart komputer Anda dengan Windows XP setup disk dalam drive CD. Jika Anda tidak memiliki disk asli Anda, meminjam satu atau men-download ISO image dari sebuah situs torrent.
2. Bila diminta, boot dari CD drive dengan menekan sembarang tombol. Jika Windows beban secara otomatis, pertama anda harus memasukkan setup BIOS dan mengubah urutan perangkat boot untuk memulai dengan CD drive.
change boot order
3. Setelah beban setup, Anda akan melihat pilihan untuk tekan R untuk memperbaiki instalasi Windows.
repair windows
4. Setelah Recovery Console beban, Anda akan harus mengetikkan nomor yang sesuai dengan instalasi Windows Anda. Ini biasanya hanya 1. Tekan Enter dan kemudian ketik password Administrator.
recovery console
5. Sekarang di jenis, prompt di fixmbr. MBR yang rusak Anda sekarang akan diganti dengan master boot record baru dan komputer Anda sekarang harus dapat boot dengan benar. Catatan bahwa Anda juga mungkin ingin menjalankan perintah fixboot untuk memperbaiki boot sektor dengan yang baru.
Juga, pastikan Anda hanya menggunakan perintah ini pada sebuah sistem dengan satu sistem operasi yang terpasang. Jika Anda memiliki lebih dari satu sistem operasi terinstal, fixmbr dan fixboot bisa mengacaukan segalanya.

Perbaiki MBR di Vista

Di Vista, prosedur untuk memperbaiki master boot record adalah sedikit berbeda. Anda harus mulai Vista di Lingkungan Pemulihan dan kemudian jalankan perintah bootrec. Berikut adalah cara.
1. Pertama, mengisi disk Windows Vista di drive Anda dan tekan sembarang tombol untuk boot dari disk.
2. Pilih bahasa, waktu, mata uang, dll dan klik Next. Sekarang klik pada Perbaikan Komputer Anda.
repair computer vista
3. Pilih sistem operasi untuk memperbaiki dan klik Next. Ketika dialog Opsi Pemulihan Sistem muncul, pilih Command Prompt.
system recovery options
4. Sekarang ketik Bootrec.exe dan tekan Enter. Hal ini akan membangun kembali data konfigurasi boot dan mudah-mudahan memperbaiki masalah Anda. Anda juga dapat menjalankan perintah dengan switch untuk memperbaiki hanya master boot record (/ fixmbr), sektor boot (/ fixboot), atau membangun kembali BCD seluruh (/ RebuildBcd).

‘Sebuah MBR adalah MBR adalah sektor pertama dari hard disk drive komputer yang memberitahu komputer bagaimana untuk memuat sistem operasi dan dapat dilihat dalam browser HTML.’ Oleh FAHRY RAMADHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar